Artikel ini saya sadur dari Otoplus Edisi 02/IV July 2006, dengan Abbas sebagai penulisnya, jadi mungkin ini memudahkan bagi brothers yang ingin menambah pengetahuannya atau langsung mempraktekannya di bengkel langganan. Untuk resiko yang terjadi apabila bro mengikuti saran tertulis tersebut jangan marah ma ane ya disini ane cuma menyadur tuk membantu brothers semua, thanks.
Selain setting karbu meningkatkan tenaga MX bisa dilakukan dengan memodifikasi CDI, bisa mengadopsi CDI orisinil Jupiter lawas yang tanpa limiter yang bisa teriak hingga 11000 rpm dibandingkan dengan MX yang cuma 9000rpm.
Untuk mengaplikasikan CDI Jupiter lawas ini tidak dengan membuang CDI orsi MX jadi dibuat MX bro dengan 2 CDI (1 orsi mx 1 orsi jupiter). Kenapa demikian..?
CDI MX memiliki keterkaitan dengan sistim TPS (Throttle Position Sensor) di karbu yang tugasnya mengubah derajat waktu pengapian sesuai bukaan skep karbu. Selain itu CDI MX merupakan gabungan kerja dari semua sistim yang ada di MX. Ditakutkan ketika CDI MX dinonaktifkan kinerja MX secara keseluruhan malah bermasalah, singkatnya sistim 2 cdi ini cuma fungsi sistim pengapian MX diambil alih oleh CDI jupie lawas.
Cara Pemasangan (dengan mengaplikasikan hukum pararel):
1. Kabel pengapian dari CDI Jupiter direkatkan bareng kabel coklat polos dan hitam bergaris coklat dari sepul pengapian.
2. Jangan lupa melepas kabel oranye yang menghubungkan CDI orsi dengan koil pengapian MX, karena kabel oranye menuju koil dari CDI mx akan diambil alih dari kabel koil CDI jupiter.
3. Ganti perbandingan sproket (gear depan belakang) yang asalnya 15-39 menjadi 15-43 atau 14-39
Rekayasa ini diyakini ampuh sanggup melesatkan MX bro di Gigi 2 sampai 90 km/jam.
Minggu, 20 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
mantap bro,,,,
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusApa sensor gak mengaggu dengan mengunakan 2 otak ini
BalasHapusBang apakah bisa sidi ai standar mx di pasang dobel dengan sidi ai Mio sporti
BalasHapus